Jump Break, fitur Read More.. di blogger

Untuk menampilkan ringkasan sebuah posting di halaman depan, yang mungkin selama ini lebih akrab disebut fitur “read more” adalah Jump Breaks“.
Fitur ini sama persis dengan fitur serupa yang ada di WordPress, baik dari segi tampilan ikonnya yang berbentuk kertas terpotong, maupun tag HTML yang sama dalam bentuk teks

Seperti contoh:


Jika fitur ini tidak ada diPostingan anda maka anda dapat mengaktifkannya dengan 2 cara yaitu
  • Menggunakan interface Blogger in Draft sebagai interface akun blogger anda, caranya dengan login pada halaman http://draft.blogger.com/
  • Mengatur setting Post Editor, caranya silahkan login di halaman http://www.blogger.com/, lalu menuju tab Setting di akun blogger anda. Pada tab Basic, lihat pada item Global Setting dan pilih Updated editor sebagai post editor anda.
Setelah fitur ini aktif, akan tampil sebuah ikon berlabel “Insert jump break” berupa potongan kertas pada deretan ikon toolbar di post editor.

Cara Penggunaan

Untuk menggunakannya, tempatkan kursor pada teks yang ingin anda set sebagai posisi akhir ringkasan, lalu klik ikon Insert jump break pada posisi teks yang ingin anda tempatkan tersebut.


Anda juga bisa menggunakan fitur ini pada tab Edit HTML yaitu dengan memasukkan kode tag . pada posisi yang ingin anda tampilkan sebagai batas ringkasan posting anda.



Fitur ini juga bisa dikonfigurasi untuk mengganti tampilan kata “read more” agar lebih sesuai dengan tampilan yang anda inginkan, misalnya diganti dengan kata “baca selanjutnya”, atau “yuk, lanjut”, dan sebagainya. Caranya adalah dengan mengkonfigurasi widget Blog Posts pada tab Layout di akun blogger anda.


Sebagai tambahan, bila anda sudah menggunakan script khusus untuk membuat ringkasan otomatis, fitur ini menjadi tidak efektif alias tidak tampil seperti yang saya sampaikan di atas.

2 komentar

malie_gayo

oh. rupanya ada cara yang lain juga, bisa dicoba nih..makasih tas infonya ya gan
salam kenal gan

http://malie-linge-gayo.blogspot.com/

anes

ok2 sama2 gan

Post a Comment