menu melayang

Friday, December 28, 2012

Sejarah Skizofrenia

Penelantaran anggota keluarga pada umumnya seringkali terjadi apabila anggota keluarga tersebut menderita penyakit, khususnya penyakit skizofrenia. Kata “skizofrenia” atau dalam bahasa Inggrisnya “schizophrenia” ternyata sudah terlahir sejak kurang lebih 150 tahun yang lalu. Penyakit ini pertama kali diidentifikasi sebagai penyakit mental diskrit oleh Dr Emile Kraepelin pada tahun 1887.
Skizofrenia berasal dari dua kata, yaitu “ skizo “ yang artinya retak atau pecah, dan “ frenia “ yang artinya jiwa. Dengan demikian seseorang yang menderita skizofrenia adalah seseorang yang mengalami keretakan jiwa atau keretakan kepribadian.
Skizofrenia sendiri dapat ditelusuri yang pada akhirnya akan mengarah kepada zaman Firaun Mesir kuno. Depresi, demensia, serta gangguan berpikir yang khas dalam skizofrenia dijelaskan secara rinci dalam Kitab Hati (Book of Hearts). Hati dan pikiran tampaknya telah menjadi hal yang sinonim pada zaman peradaban Mesir kuno. Manusia pada zaman tersebut mempercayai bahwa penyakit fisik berhubungan dengan racun dan iblis.

Sebuah studi terbaru dalam sastra Yunani dan Romawi kuno menunjukkan bahwa meskipun masyarakat umum (mungkin) memiliki kesadaran mengenai gangguan psikotik, namun tidak ada satu pun yang akan memenuhi criteria atas diagnosa skizofrenia.
Di sisi lain, orang yang dianggap “abnormal,” (baik karena sakit mental, keterbelakangan mental, atau cacat fisik) sebagian besar diperlakukan sama. Teori awal mengatakan bahwa penyakit gangguan mental disebabkan oleh bagian jahat yang dimiliki oleh tubuh, dan tindakan atau perlakuan yang tepatlah yang kemudian dapat mengusir bagian jahat ini. Tindakan tersebut dapat melalui berbagai cara, mulai dari perawatan berbahaya (seperti mengekspos pasien untuk jenis musik tertentu) dan kadang-kadang mematikan (misalnya seperti melepaskan roh-roh jahat dengan melubangi di tengkorak pasien).
Salah satu yang pertama untuk mengklasifikasikan gangguan mental ke dalam kategori yang berbeda adalah seorang dokter yang berasal dari Jerman, Emile Kraepelin. Dr Kraepelin menggunakan “dementia praecox” istilah untuk individu yang memiliki gejala yang sekarang kita kaitkan dengan skizofrenia.
Konsep nonspesifik kegilaan telah ada selama ribuan tahun dan skizofrenia hanya diklasifikasikan sebagai gangguan mental yang berbeda oleh Kraepelin pada tahun 1887. Dia adalah orang pertama yang membuat sebuah perbedaan dalam gangguan psikotik antara apa yang disebut dementia praecox dan depresi manik. Kraepelin percaya bahwa dementia praecox utamanya adalah penyakit otak, dan khususnya bentuk dari singkat akal. Kraepelin menamakan ‘dementia praecox’ (gangguan awal demensia/singkat akal/kemunduran mental) untuk membedakannya dari bentuk-bentuk demensia (singkat akal/kemunduran mental seperti penyakit Alzheimer) yang biasanya terjadi pada akhir usia. Dia menggunakan istilah ini karena studinya difokuskan pada orang dewasa muda dengan demensia/singkat akal/kemunduran mental.
orang dengan skizofreniaPsikiater Swiss, Eugen Bleuler, menciptakan istilah, “skizofrenia” pada tahun 1911.Dia juga orang pertama yang menggambarkan gejala-gejala sebagai “positif” atau “negatif.” Bleuler mengganti namanya menjadi skizofrenia karena jelas bahwa nama yang diberikan oleh Krapelin itu menyesatkan, karena penyakit itu bukan suatu demensia/singkat akal/kemunduran mental (hal itu tidak selalu menyebabkan kemunduran mental) dan kadang-kadang dapat terjadi juga di awal kehidupan.

Kata “skizofrenia” berasal dari akar Yunani orang yg menderita skizofrenia (split) dan phrene (pikiran) untuk menggambarkan pemikiran terfragmentasi orang dengan gangguan tersebut. Istilahnya tidak dimaksudkan untuk menyampaikan gagasan kepribadian ganda atau multiple, yang umum disalahpahami oleh masyarakat luas. Sejak zaman Bleuler’s, definisi skizofrenia terus berubah, sebagai ilmuwan mencoba untuk lebih akurat melukiskan berbagai jenis penyakit mental. Tanpa mengetahui penyebab pasti dari penyakit ini, para ilmuwan hanya dapat mendasari klasifikasi mereka pada pengamatan bahwa beberapa gejala cenderung terjadi bersamaan.
Baik Bleuler dan Kraepelin membagi skizofrenia ke dalam beberapa kategori, berdasarkan gejala menonjol dan prognosis. Selama bertahun-tahun, mereka yang bekerja di bidang ini terus mencoba untuk mengklasifikasikan jenis skizofrenia. Lima jenis yang dimaksud dalam DSM-III: tidak terorganisir, katatonik, paranoid, residu, dan tidak dibedakan. Tiga kategori pertama awalnya diusulkan oleh Kraepelin.
Klasifikasi ini, sementara masih bekerja pada DSM-IV, tidak terbukti membantu dalam memprediksi hasil dari gangguan, dan jenis tidak andal didiagnosis. Banyak peneliti menggunakan sistem lain untuk mengklasifikasikan jenis gangguan tersebut, berdasarkan dominan “positif” vs “negatif” gejala, perkembangan dari gangguan dalam hal jenis dan keparahan gejala dari waktu ke waktu, dan kejadian yang tidak disengaka lain atas gangguan mental dan sindrom. Dengan membedakan jenis skizofrenia berdasarkan gejala klinis, diharapkan akan membantu untuk menentukan etiologi yang berbeda atau penyebab gangguan tersebut.
Bukti bahwa skizofrenia adalah penyakit biologis berbasis otak mempunyai perkembangan pesat selama dua dekade terakhir. Bukti baru-baru ini telah juga telah didukung dengan sistem pencitraan otak dinamis yang sangat tepat menunjukkan gelombang pengalihan jaringan yang terjadi di otak yang menderita skizofrenia. [dari versi berbahasa Inggris: http://www.schizophrenia.com/history.htm]
Dengan kemajuan pesat dalam genetika penyakit manusia sekarang terjadi, masa depan terlihat cerah bahwa terapi yang efektif sangat lebih dan akhirnya menyembuhkan - akan diidentifikasi.
Para pasien skizofrenia bertingkah laku aneh dalam hidup mereka. Sementara orang yang normal merasa hendak menangis, penderita skizofrenia boleh jadi tertawa ataupun tidak menunjukkan perasaan apapun dari luar. Sebaliknya, ia mungkin menangis pada waktu orang-orang lain tertawa. Penderita skizofrenia sering minder, tidak mempunyai teman, menganggur, malas, aneh, bicara sendiri, ketawa sendiri, terkadang memikirkan untuk bunuh diri saja, tak pandai mengatur uang, kegiatan itu-itu saja, monoton, kurang variasi, tak bisa bergaul, dan banyak lagi sifat atau gejala yang aneh. Ada beberapa langkah yang dapat membantu mengatasi gejala skizofrenia, antara lain belajar menanggulangi stress, depresi, belajar rileks, dan tidak menggunakan alcohol ataupun obat-obatan tanpa sepengetahuan dokter serta segera berkonsultasi ke dokter/psikiater, juga bantuan dari orang-orang terdekat yaitu keluarga.


Daftar pustaka:
  • Buku: Iman Setiadi Arif, Refika Aditama, Bandung, 2006
  • Buku: Benhard Rudyanto Sinaga, Skizofrenia dan Diagnosis Banding, 2007
  • Blog: http://marlisakurniaty.blogdetik.com/sejarah-schizophrenia/
  • Web: http://www.schizophrenia.com/history.htm
  • Facebook: http://www.facebook.com/pages/Komunitas-Peduli-Skizofrenia-Indonesia/359467152692

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel